RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SD/MI
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VI / I

A.KOMPETENSI DAN INDIKATOR

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan social budaya ekonomi politik di wilayah ASEAN.
3.1.1 Mendaftar Negara-negara ASEAN
3.1.2 Mencari karakteristik kehidupan social budaya,ekonomi politik di wilayah ASEAN.

4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan social budaya,ekonmi dan politik di wilayah ASEAN.
4.1.1 Menulis laporan tentang karakteristik social budaya,ekonomi dan politik di wilayah ASEAN.

B.TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mendaftar negara-negara ASEAN, siswa mengetahui anggota-angota Negara ASEAN.
Dengan mencari karakteristik melalui teks, siswa menemukan karakteristik sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.
Setelah membaca teks tentang kehidupan politik di negara ASEAN, siswa harus menyebutkan kehidupan politiknya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang perbedaan kehidupan politik dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar.

C.MATERI PEMBELAJARAN
kondisi geografis negara-negara ASEAN.
politik di wilayah ASEAN
D.MODEL PEMBELAJARAN
1. Pendekatan Pembelajaran : Scientific Approach
2. Model Pembelajaran : cooperative learning
3. Metode Pembelajaran : ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan.
E.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan (15 Menit)
1. Guru memberikan salam kepada siswa dan mengajak berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum memulai kegiatan.
2. Guru menanyakan kesiapan siswa dengan melakukan pengecekan kehadiran serta memeriksa kerapian pakaian.
3. Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “selamatkan makhluk hidup”
4. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran yaitu “diharapkan siswa dapat memahami karakteristik sosial budaya, ekonomi, dan politik wilayah ASEAN”.
5. Siswa diajak menyanyikan lagu nasional “Garuda Pancasila”
6. Siswa bersama guru melakukan penguatan materi.
Inti (40 Menit)

1. Guru bertanya kepada siswa,apa itu Negara ASEAN. (menanya)
2. Guru memberikan Teks mengenai wilayah ASEAN
3. Guru membagikan kertas untuk siswa
4. Guru meminta siswa untuk mendaftar negara-negara ASEAN yang mereka ketahui.
5. Siswa membaca teks yang diberikan guru selama 5 menit.
6. Guru bertanya kepada Siswa “apa yang kalian pahami dari teks bacaan tersebut”. (menanya)
7. Guru meminta siswa untuk menuliskan apa yang mereka ketahui tentang teks yang diberikan guru.
8. Guru membentuk kelompok, dengan setiap kelompok terdiri dari 3 orang . (mengorganisaikan)
9. Siswa diminta untuk mencari karakteristik kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik diwilayah ASEAN, melalui teks bacaan secara bersama-sama dengan teman kelompoknya. (menemukan)
10. Siswa diminta untuk menuliskan karakteristik kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik diwilayah ASEAN, berdasarkan teks yang diberikan guru sebelumnya. (mencoba)
11. Salah satu siswa dari satu kelopok diminta untuk maju kedepan membacakan hasil diskusi kelompok mereka . (mengkomunikasikan)
12. Guru bertanya kepada siswa apakah ada tanggapan dari penyampaian temannya . (mertanya)
13. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada yang tidak dipahami. (menanya)
14. Guru membahas hasil presentasi siswa.
15. Guru memberikan umpan balik berupa pujian kepada siswa yang telah memaparkan hasil pengamatannya.

Penutup

Siswa bersama dengan guru menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan
2. Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan oleh guru. (evaluasi)
3. Guru memberikan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. (refleksi)
4. Melakukan umpan balik dan penghargaan.
5. Guru mengajak siswa untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
6. Guru memberikan salam.

F.MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1. Media dan Sumber Belajar
1. Gambar peta wilayah ASEAN
2. Buku Siswa

G.PENILAIAN
Penilaian Sikap

Perubahan Tingkah Laku
NO
Nama
Siswa
Teliti
Cermat
Percaya Diri
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

2

3

Keterangan:
K=Kurang, C=Cukup, B=Baik, SB=Sangat Baik.
2. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Aspek yang dinilai:
Pengetahuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan guru
Keterampilan dalam mencari informasi yang diperlukan
Sikap cermat dan teliti ketika mencari informasi yang diperlukan

Kriteria
Baik Sekali
Baik
Cukup
Butuh Bimbingan

4
3
2
1

Pengetahuan
Siswa menjawab 4 pertanyaan dengan benar
Siswa menjawab 3 pertanyaan dengan benar
Siswa menjawab 2 pertanyaan dengan benar
Siswa menjawab 1 pertanyaan dengan benar

Kemandirian & manajemen waktu (attitude)
Sangat mandiri mengerjakan tugas bahkan selesai sebelum waktunya
Mandiri mengerjakan tugas dan selesai tepat waktu
Masih perlu diingatkan sesekali untuk menyelesaikan tugas
Tidak menyelesaikan tugas tepat pada waktunya

Penggunaan bahasa
Menggunakan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Terdapat satu atau dua kesalahan dalam penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Terdapat tiga atau empat kesalahan dalam penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar
Terdapat lebih dari lima kesalahan dalam penggunaan kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar

Mengetahui,
Kepala SD/MI

_____________

………………………….., …………….
Guru Mata Pelajaran IPS

_________

untuk lebih jelasnya bisa di klik di http://scadonsak.com/1nE4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *