SILABUS
Mata Pelajaran : IPS
Satuan Pendidikan : MI MA”ARIF NU SUNAN DRAJAT
Kelas/Semester : VI / I

Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakte-ristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Posisi dan luas wilayah ASEAN pada peta Asia
• Karakteristik kondisi alam kawasan ASEAN
• Karakteristik kependudukan (jumlah, sebaran, komposisi, kepadatan dan pertumbuhan penduduk) kawasan ASEAN
• Negara-negara ASEAN (11 negara)
• Posisi wilayah ASEAN dalam politik, ekonomi, sosial budaya • Mengamati peta Asia/gambar/video/ grafik/teks/lagu/gam-bar/dan bertanya jawab tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mendiskusikan/mem-baca dari berbagai sumber/membuat tabel karakteristik/wawan-cara tentang karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN
• Mempresentasikan secara lisan maupun tertulis tentang hasil identifikasi dan hasil diskusi dari karakteristik geografis wilayah ASEAN; dan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN

3.2 Menganalisis perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
4.2 Menyajikan hasil analisis mengenai perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia
• Perubahan sosial budaya

• Modernisasi dalam bidang iptek, ekonomi, pendidikan, dan demokrasi

• Mengamati gambar teks/film/video/ cerita/dan bertanya jawab tentang perubahan kehidupan sosial budaya pada masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan dan demokrasi
• Mendiskusikan /membuat tabel membandingkan /mencari gambar/ tentang perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan dan demokrasi

• Mempresentasikan secara lisan/tertulis hasil diskusi tentang perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang iptek, ekonomi, pendidikan, dan demokrasi
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan dalam lingkup ASEAN
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN • Ekspor & Impor
• Pengiriman/pertukaran tenaga kerja
• Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
• SEAMEO
• Sekretariat ASEAN • Mengamati gambar/cerita/teks bacaan/video dan tanya jawab tentang peran dan posisi Indonesia dalam kerja sama pada lingkup ASEAN
• Mendiskusikan/mem-buat tabel/mencari informasi dari sumber lain tentang: posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan
• Mempresentasikan/
menyajikan hasil diskusi secara lisan dan tertulis tentang
posisi dan peran Indonesia dalam kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi dan pendidikan

3.4 Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
4.4 Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera • Proklamasi kemerdekaan Indonesia
• Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi
• Perjuangan mem-pertahankan kemerdekaan melalui:
– Perang Kemer-dekaan I dan perang kemer-dekaan II
– Perjanjian Renville, Rum-Royen, Linggar jati, Konferensi Meja Bundar (tempat, tokoh dan kronologi)
• Membangun kehidupan kebangsaan yang berdaulat (NKRI)
• Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional (PBB, KAA, GNB, ASEAN, dan APEC) • Mengamati gambar/video/film/
teks bacaan/ foto tokoh dan bertanya jawab tentang: Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional
• Mendiskusikan/mem-baca berbagai sumber/ bermain peran tentang: Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional
• Mempresentasikan secara lisan dan tertulis tentang Proklamasi kemerdekaan Indonesia; Peran Soekarno-Hatta dalam proklamasi;
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan;
Peran bangsa Indonesia dalam membangun kehidupan masyarakat Internasional

untuk melihat lebih jelas bisa klik di http://scadonsak.com/1n1F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *